Contact us

Prospek Bisnis Jelang Pilkada
PASAR PESANTREN -- Ada banyak cara untuk menambah penghasilan bulanan Anda. Salah satunya yaitu dengan melakukan bisnis. Berbisnis bisa dibilang gampang-gampang susah semua tergantung dari pemikiran dan keyakinan Anda pribadi. Namun, umumnya hal yang perlu diketahui jika Anda ingin memulai sebuah bisnis, selain lokasi penjualan yang strategis, target konsumen yang jelas dan survei tentang kompetitor sejenis, yang paling utama adalah manfaatkan tren terkini.

Ya, tren berupa isu atau berita beredar yang sedang naik daun atau diminati masyarakat dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Nah, di awal tahun ini, hal yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda adalah momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Momen ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis dengan menjual pernak-pernik kampanye hingga menawarkan bisnis jasa.

Berikut adalah berbagai jenis ide usaha musiman yang dapat Anda jalankan saat pilkada untuk menambah penghasilan Anda:

1. Bisnis Konveksi Baju

Pada masa kampanye umumnya para pendukung calon tertentu membutuhkan identitas yang menyatakan bahwa mereka adalah pendukung calon tersebut. Biasanya dilakukan dengan memiliki seragam atau kaos yang sama untuk digunakan selama masa kampanye.

Tips:  Jika Anda memiliki keahlian menjahit, Anda bisa membuka usaha konveksi baju khusus kampanye. Hal penting dalam menjalankan bisnis ini. Anda harus menentukan harga, menjaga kualitas pakaian, dan menyediakan contoh desain yang menarik. Tapi, jika Anda memilih untuk menjadi reseller konveksi baju, pastikan Anda menemukan penjahit dengan harga yang murah agar Anda bisa meraup untung.

2. Bisnis Sablon
Bisnis sablon bisa menjadi salah satu bisnis menguntungkan jika Anda pandai memanfaatkan masa kampanye pilkada DKI Jakarta tahun ini. Ya, umumnya, sablon tidak selalu kaos tapi juga dapat digunakan untuk topi, gelas, piring, slayer, pulpen dan pernak-pernik kampanye lainnya.

Tips: Jika Anda tertarik membuka bisnis sablon dan memiliki keahlian mendesain, Anda bisa menawarkan contoh desain Anda sendiri kepada calon konsumen. Anda bisa makin untung karena tidak perlu membayar orang lain untuk desain sablon. Jangan lupa untuk memasang tarif yang realistis alias tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, lakukan survei terlebih dahulu berapa harga di pasaran sebelum Anda menentukan harga jual jasa sablonan Anda.

3. Bisnis Percetakan

Hal yang selalu ada di setiap masa kampanye adalah promosi melalui berbagai media seperti poster, banner, spanduk, kalender dan lain sebagainya. Barang-barang cetak ini menjadi alat utama promosi. Peluang bisnisnya juga tinggi ketika permintaan terhadap jasa percetakan meningkat.

Tips: Ketika menjalankan bisnis cetak saat momen kampanye, perhatikan selalu kualitas dari hasil cetakan Anda sebab poster, banner, spanduk, dan alat promosi cetak lainnya adalah salah satu alat promosi utama yang digunakan oleh para pendukung. Jadi selalu berusaha untuk memberikan hasil yang bagus dan memuaskan. Kepuasan konsumen tergantung dari hasil dari cetakan Anda. Agar makin untung, selalu jaga kualitas cetak dan pelanggan Anda.

4. Bisnis Makanan

Pada momen kampanye, biasanya para pendukung akan mengadakan acara besar seperti mengumpulkan seluruh warga dan menggelar panggung hiburan, seperti acara komedi atau musik. Tidak hanya souvenir seperti kaos, gelas, atau kalender yang akan dibagikan, tapi juga makanan-makanan kecil atau snack seperti kue-kue basah dan kering seperti gorengan, lemper, dan makanan daerah lainnya. Ada juga makanan berat seperti nasi bungkus atau nasi kotak dan tentu dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Tips : Bisnis makanan tidak ada matinya, artinya kan selalu hidup dan peluang bagi Anda. Khusus buat Anda yang pandai memasak momen ini harus dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dengan menerima pesanan katering makanan atau kue-kue. Atau Anda juga bisa menjadi pemasok penjual makanan, pastikan Anda mendapatkan ahli masak yang bisa membuat makanan enak dengan harga terjangkau.

5. Bisnis Transportasi

Jasa transportasi pada masa kampanye untuk periode pilkada DKI Jakarta tahun ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Saat melakukan kampanye, tidak bisa hanya di satu tempat saja. Karena semakin banyak jumlah daerah yang dikunjungi kemungkinan jumlah pendukung meningkat pun akan semakin tinggi.

Ini peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, apalagi jika jumlah massa yang banyak tentu akan membutuhkan banyak kendaraan yang dapat berupa minibus, truk atau jenis kendaraan pribadi lainnya.

Tips: Anda harus berhati-hati karena bisnis ini membutuhkan modal yang cukup. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menjadi penyalur antara pemilik kendaraan dan calon konsumen, dari transaksi itu Anda juga bisa mendapatkan bayaran.


More

Home | UD Paju Marbun | Sultan Group | IMECH | BeritaDekhoCom | TobaPosCom | KBAA

0 Reviews:

Posting Komentar